Perkenalan

Kue cokelat klasik Belanda adalah hidangan yang memikat banyak pencinta cokelat di seluruh dunia. Kue ini memiliki rasa yang kaya, tekstur yang lembut, dan aroma cokelat yang menggoda. Meskipun disebut sebagai kue klasik Belanda, kue ini memiliki sejarah yang mencakup berbagai negara Eropa. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi sejarahnya, serta memberikan resep dan panduan langkah demi langkah untuk membuatnya di rumah.
Kunjungi halaman ini untuk menemukan artikel terkait Jajanan hits dan wajib di coba.

Sejarah Kue Cokelat Klasik Belanda

Sejarah kue cokelat klasik Belanda berkaitan erat dengan perkembangan cokelat di Eropa. Meskipun kini dikenal sebagai hidangan Belanda, bahan utamanya, cokelat, pertama kali dibawa ke Eropa oleh bangsa Spanyol pada abad ke-16. Pada awalnya, cokelat hanya tersedia bagi kalangan bangsawan dan menjadi barang mewah. Namun, seiring berjalannya waktu, cokelat menjadi lebih terjangkau dan mulai populer di kalangan masyarakat umum.

Kue cokelat klasik Belanda pertama kali muncul di Belanda pada abad ke-19. Kue ini awalnya dikenal sebagai “chocolade taart” atau “tart cokelat” dan sering disajikan dalam acara-acara istimewa. Namun, dengan waktu, kue ini menyebar ke berbagai negara Eropa lainnya, seperti Belgia, Prancis, dan Jerman, di mana variasi lokal mulai muncul. Meskipun ada perbedaan kecil dalam resep dan penyajian, cokelat tetap menjadi bahan utama yang mendominasi kue ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai dengan resepnya, mari kita lihat bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue cokelat klasik Belanda:

Bahan Kue:

  • 200 gram cokelat pekat (dark chocolate), potong kecil-kecil
  • 200 gram mentega (butter)
  • 200 gram gula pasir (granulated sugar)
  • 4 butir telur (eggs)
  • 1 sendok teh ekstrak vanili (vanilla extract)
  • 150 gram tepung terigu (all-purpose flour)
  • 1/2 sendok teh garam (salt)

Bahan Hiasan (opsional):

  • Gula bubuk (powdered sugar)
  • Potongan almond atau kenari (sliced almonds or walnuts)
  • Sirup maple atau saus karamel (maple syrup or caramel sauce)

Cara Membuat Kue Cokelat Klasik Belanda

Setelah semua bahan tersedia, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue cokelat klasik:

Panaskan Oven dan Siapkan Loyang

Panaskan oven Anda hingga suhu 180 derajat Celsius (350 derajat Fahrenheit) dan siapkan loyang bundar berdiameter 20 cm. Olesi loyang dengan mentega dan taburkan tepung tipis-tipis untuk menghindari kue lengket.

Lelehkan Cokelat dan Mentega

Dalam sebuah mangkuk, lelehkan cokelat pekat dan mentega. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan metode double boiler atau dengan microwave pada suhu rendah. Aduk hingga cokelat dan mentega tercampur rata dan menjadi lembut.

Kocok Telur dan Gula

Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan gula pasir sehingga mengembang dan lebih berwarna cerah. Tambahkan ekstrak vanili dan aduk rata.

Campurkan Bahan Kering

Tambahkan campuran cokelat yang sudah dilelehkan ke dalam campuran telur dan gula. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik. Selanjutnya, saring tepung terigu dan garam ke dalam adonan dan aduk perlahan hingga rata.

Panggang Kue

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan dan ratakan permukaannya. Panggang kue dalam oven yang telah dipanaskan selama sekitar 25-30 menit atau hingga bagian atasnya mengeras dan permukaannya memiliki retakan kecil.

Dinginkan dan Hias

Setelah kue matang, biarkan dingin dalam loyang selama beberapa menit sebelum Anda mengeluarkannya dari loyang. Setelah benar-benar dingin, Anda dapat menambahkan hiasan sesuai selera, seperti gula bubuk, potongan almond atau kenari, atau sirup maple.

Kesimpulan

Kue cokelat klasik Belanda adalah hidangan yang menggugah selera dan memiliki sejarah panjang di berbagai negara Eropa. Dengan resep dan panduan langkah demi langkah di atas, Anda sekarang dapat mencoba membuat kue ini di rumah dan menikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman. Jangan ragu untuk berkreasi dengan hiasan dan variasi rasa sesuai selera Anda, dan nikmatilah kue cokelat klasik Belanda dalam berbagai kesempatan istimewa!