Perkenalan

Paella adalah salah satu hidangan paling terkenal dari Spanyol, khususnya berasal dari wilayah Valencia. Sebagai sebuah hidangan yang telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, paella memiliki variasi resep yang beragam. Namun, pada intinya, paella adalah hidangan nasi yang kaya akan rasa, dimasak dengan kombinasi bumbu aromatik, daging, seafood, dan sayuran.

Sejarah paella bermula dari petani dan buruh di Valencia yang memasak nasi di panci terbuka menggunakan kayu bakar, menggabungkan bahan-bahan lokal seperti kelinci, ayam, dan sayuran. Dengan berjalannya waktu, resep ini berkembang dengan penambahan seafood di wilayah pesisir, menciptakan variasi yang kita kenal saat ini.
Kunjungi halaman ini untuk menemukan artikel terkait Nasi Uduk Rempah Nusantara .

Bahan dan Persiapan Membuat Paella 

Bahan Utama:

Nasi paella atau nasi arborio

Ayam, potong kecil

Udang dan kerang

Chorizo (sosis Spanyol)

Paprika, potong dadu

Tomat, cincang halus

Bawang putih, cincang halus

Saffron, kunyit, dan paprika bubuk

Kaldu ayam atau seafood

Minyak zaitun

Garam dan merica

Persiapan:

Bersihkan seafood, potong daging ayam menjadi bagian kecil.

Rendam saffron dalam air hangat untuk mengeluarkan warnanya dan aromanya.

Siapkan kaldu; panaskan dan simpan di panci terpisah.

Langkah Pembuatan Paella

Menggoreng Bahan Utama:

Panaskan minyak zaitun dalam paellera (panci paella) atau panci lebar. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian tambahkan ayam dan chorizo, masak hingga kecoklatan.

Menambahkan Nasi dan Bumbu:

Masukkan nasi, aduk rata dengan daging. Tambahkan paprika bubuk, kunyit, dan saffron, aduk hingga nasi terlapisi bumbu dengan rata.

Memasak dengan Kaldu:

Tuangkan kaldu panas ke dalam panci. Aduk perlahan dan biarkan mendidih. Kurangi api dan masak hingga nasi setengah matang.

Menambahkan Seafood dan Sayuran:

Tambahkan seafood, paprika, dan tomat. Masak hingga seafood matang dan nasi empuk. Sesekali aduk perlahan untuk menghindari nasi menempel di dasar panci.

Finalisasi dan Penyajian:

Setelah nasi matang dan cairan terserap, matikan api. Tutup panci selama beberapa menit agar rasa meresap. Sajikan paella dengan irisan lemon dan taburan peterseli.

Tips dan Trik Membuat Paella yang Sempurna

Panci Paella:

Menggunakan paellera akan memberikan distribusi panas yang merata dan membantu menciptakan lapisan karamelisasi di dasar yang dikenal sebagai ‘socarrat’.

Jangan Aduk Berlebihan:

Setelah menambahkan kaldu, hindari mengaduk nasi berlebihan agar tidak menjadi bubur.

Rasio Nasi dan Cairan:

Pastikan rasio nasi dan cairan tepat. Terlalu banyak cairan akan membuat nasi terlalu lembek.

Saffron Asli:

Menggunakan saffron asli akan memberikan warna dan aroma yang khas untuk paella.

Membiarkan ‘Socarrat’ Terbentuk:

Lapisan nasi yang sedikit gosong di dasar panci adalah tanda paella yang sempurna. Ini memberikan rasa yang kaya dan tekstur yang unik.

Kesimpulan

Membuat paella ala Spanyol adalah sebuah pengalaman kuliner yang memuaskan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menambahkan sentuhan pribadi, Anda dapat menciptakan hidangan yang tidak hanya enak tapi juga penuh dengan kekayaan budaya. Paella bukan hanya tentang rasanya, tetapi juga tentang menggabungkan tradisi dan inovasi dalam satu panci. Selamat mencoba dan menikmati sajian lezat dari Eropa ini!