Pendahuluan

Eccles Cake, sejenis kue kering berlapis gula yang berasal dari kota Eccles di Greater Manchester, Inggris, adalah hidangan penutup tradisional yang telah menarik hati penikmat kue selama berabad-abad. Dengan lapisan pastry yang renyah dan isi kismis yang manis, Eccles Cake tidak hanya mencerminkan warisan kuliner khas Manchester tetapi juga menjadi simbol kehangatan dan keramahan. Artikel ini akan membongkar rahasia di balik pembuatan Eccles Cake yang autentik dan cara menikmatinya.

Sejarah Eccles Cake Warisan Kuliner

Eccles Cake memiliki sejarah yang kaya, merentang kembali ke abad ke-18. Konon, kue ini pertama kali dibuat oleh seorang pembuat kue di Eccles, dan sejak saat itu, resep ini telah diwariskan dari generasi ke generasi. Kue ini dikenal karena tekstur pastry yang gurih dan isi buahnya yang lezat, membuatnya menjadi favorit di kalangan penduduk lokal dan pengunjung.

Bahan-bahan Tradisional

Resep Eccles Cake tradisional membutuhkan bahan-bahan sederhana namun berkualitas tinggi. Dibawah ini merupakanbahan-bahan yang Anda perlukan:

  • Pastry Flaky atau Puff Pastry: Dasar dari Eccles Cake adalah lapisan pastry yang renyah dan gurih. Anda bisa membuat pastry sendiri atau membeli puff pastry yang sudah jadi untuk kemudahan.
  • Isian Buah: Campuran kismis, gula, dan rempah-rempah seperti pala dan kayu manis memberikan rasa yang kaya dan mendalam pada kue.
  • Gula dan Mentega: Gula tabur di atas kue sebelum dipanggang memberikan tekstur yang garing, sementara mentega menambah kelembutan pada isian.

Langkah-langkah Pembuatan

Membuat Eccles Cake membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian, namun hasil akhirnya pasti memuaskan. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

  • Persiapkan Isian: Campurkan kismis, gula, rempah-rempah, dan sedikit mentega. Panaskan campuran di atas api kecil hingga bahan-bahan tercampur rata dan aroma rempah-rempah tercium.
  • Siapkan Pastry: Gulung pastry hingga tipis dan potong menjadi lingkaran-lingkaran. Anda bisa menggunakan cangkir atau cetakan khusus untuk mendapatkan bentuk yang sempurna.
  • Isi dan Lipat Pastry: Letakkan sendok teh isian di tengah setiap lingkaran pastry. Lipat pastry hingga menutupi isian dan kencangkan tepinya. Pastikan untuk membuat lubang kecil di atas kue agar uap bisa keluar saat dipanggang.
  • Panggang hingga Sempurna: Olesi permukaan kue dengan sedikit susu atau telur, lalu taburi dengan gula kasar. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan hingga pastry berwarna keemasan dan renyah.

Menikmati Eccles Cake Warisan Kuliner

Eccles Cake dapat dinikmati dalam berbagai cara, baik panas maupun dingin, dan sering kali disajikan dengan teh atau kopi. Berikut adalah beberapa cara untuk menikmati Eccles Cake:

  • Sebagai Snack: Eccles Cake adalah camilan yang sempurna di siang hari, memberikan energi dengan rasa manisnya yang pas.
  • Dengan Keju: Di beberapa daerah di Inggris, Eccles Cake disajikan dengan keju cheddar tajam, kombinasi rasa manis dan gurih yang mengejutkan.
  • Dessert Setelah Makan: Sajikan Eccles Cake dengan sedikit whipped cream atau es krim vanilla untuk dessert yang mewah namun sederhana.

Eccles Cake adalah warisan kuliner yang membanggakan dari Manchester, mewakili tradisi dan rasa yang telah bertahan selama berabad-abad. Dengan resep ini, Anda bisa membawa sepotong sejarah dan kehangatan Inggris ke dalam rumah Anda. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan unik dari Eccles Cake!. Baca juga artikel kami yang berjudul Raih Pengalaman Kuliner Berkelas Menikmati Hidangan Khas Belanda dengan Bitterballen.